Label

Rabu, 22 Januari 2014

Laporan Kegiatan Kaum Dhuafa

LAPORAN KEGIATAN
DAKWAH LAPANGAN
PROGRAM STUDI MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI & BISNIS UHAMKA
DKI JAKARTA
2014

Pemberdayaan Kaum Dhuafa




Sekretariat :
Jl. Raya Bogor Km. 23 No. 99 Flyover Ps. Rebo, Jak-Tim 13570
Telp.  0852-8783-1556


--------------------------------------------------------------------------

KATA PENGANTAR

Puji Syukur atas kehadirat Allah swt, atas segala kenikmatan yang telah diberikan-Nya kepada kita semua sehingga apabila air lautan menjadi tinta-Nya dan ranting-ranting di hutan menjadi pena-Nya, maka niscaya tetap saja kita tak akan bisa menghitung nikmat-Nya yang telah diberikan-Nya kepada kita sebagai makhluk-Nya, dan tak lupa kita sampaikan shalawat serta salam semoga senantiasa tercurah selalu kepada suri teladan kita yaitu Nabi Muhammad saw yang telah membawa ummatnya (kita semua) dari zaman kegelapan ke zaman yang terang benderang seperti sekarang ini dan juga kebaikan semoga tetap tercurah kepada keluarga, para sahabat, dan para pengikutnya yang senantiasa istiqomah dijalan yang dibawanya, hingga yaumul akhir. Amin.
Berdasarkan hal tersebut, maka kami tim mahasiswa Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan ini melaporkan kegiatan yang telah kami lakukan, yaitu kegiatan ”Pemberdayaan Masyarakat” yang mana insya Allah kegiatan ini telah tersampaikan sesuai dengan amanat para donatur. Dengan demikian, secara tidak langsung telah terjalin tali persaudaraan antar sesama melalui kegiatan ini.

                                                                                    Jakarta, 16 Januari 2014


                      Tim Pelaksana


--------------------------------------------------------------------------------------------- 


DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ………………………………        1
DAFTAR ISI ………………………………………            2
BAB I PENDAHULUAN ………………………………
A.    LATAR BELAKANG ………...............         3
B.     ANALISIS SITUASI ...........................         4
C.     PERUMUSAN MASALAH ..........        5
BAB II TUJUAN DAN MANFAAT ……………..
A.       TUJUAN ……………….............................        6
B.       MANFAAT ………………….................          6
BAB III PELAKSANAAN KEGIATAN .....
A.    KHALAYAK SASARAN ……       7
B.     BENTUK KEGIATAN DAKWAH LAPANGAN ………        7
C.    HASIL KEGIATAN DAKWAH LAPANGAN ………       8
BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN-SARAN ………………...
A.    KHALAYAK SASARAN …………………         7
B.     BENTUK KEGIATAN DAKWAH LAPANGAN ……        7
C.      HASIL KEGIATAN DAKWAH LAPANGAN ………         8
BAB IV LAMPIRAN - LAMPIRAN

 -----------------------------------------------------------------------------

BAB I
PENDAHULUAN

A.       LATAR BELAKANG

Kami mahasiswa Program Studi Manajemen, Universitas Prof. Dr. Hamka (UHAMKA) melakukan kegiatan dakwah lapangan yaitu membantu keluarga kaum dhuafa untuk meringankan permasalahan yang ada dikeluarga mereka yang telah terlebih dahulu dirumuskan masalah-masalahnya.
Dengan niat kami yang tulus dan ihklas serta mengharapkan Ridha Allah swt. Beserta menyiapkan bekal untuk akhirat kelak. Sesuai dengan sabda Allah swt dalam surah Al-Maun, kami terdorong untuk membantu serta mengamalkan segala ajaran dan perintah-Nya di dalam surah tersebut. Tidak lain halnya, kami juga berserah diri atas keterbatas kami sebagai manusia dan kami sangat terdorong dengan melakukan kegiatan ini karena kita mempunyai peran dan tanggung jawab sesama umat manusia untuk membantu sesama kaum-Nya terlebih lagi kepada kaum Dhuafa yang sangat membutuhkan uluran tangan kita sebagai hamba yang bersyukur.
Sebagai sesama manusia, kita berkewajiban untuk saling membantu, terutama yang nasibnya kurang beruntung dibanding kita. Oleh karena itu, kami melakukan dakwah ke “Perumahan Liar Kebun Sayur, Ciracas, Jaktim” dengan tujuan untuk saling berbagi dan saling peduli kepada mereka yang membutuhkan.

B.        ANALISIS SITUASI
Dari yang sudah kelompok kami jelaskan sebelumnya dalam proposal, bahwa kondisi atau situasi yang dirasakan keluarga Bpk. Anang (Target Kaum Dhuafa) saat ini belum dapat dikatakan layak huni. Dengan melihat kondisi rumah yang dapat dikatakan hanya sempit ini pun, tim merasa empati terhadap kondisi tersebut. 


Dengan kondisi seperti diatas, tim berniat untuk membantu keluarga ini. Tim telah merumuskan masalah-masalah yang dihadapi selain dari kondisi rumah keluarga Bpk. Anang. Dengan satu tujuan, yaitu memberdayakan keluarga ini untuk ke arah yang lebih baik. Baik dari segi ekonomi maupun segi lainnya. Tim pelaksana yang terjun ke lokasi adalah 1. Ahmad Syauqi, 2. Hardiyansyah, dan 3. Hidayat Adi Kurniawan. Dan kegiatan ini diketuai oleh Hardiyansyah.

     C.    PERUMUSAN MASALAH

Masalah Yang Dihadapai Keluarga Bpk. Anang adalah sebagai berikut :

Masalah Ekonomi        : Dengan penghasilan yang rendah dari pekerjaannya, yaitu ± Rp.30.000,- hasil dari mencari cacing untuk dijual kepada para pemancing, Bapak Anang tidak dapat memenuhi semua kebutuhan sehari – harinya. Karena itu, tim bermaksud untuk sedikit meringankan beban beliau dengan memberikan kebutuhan pangan untuk jangka waktu ±sebulan.




Masalah Spiritual        : Keluarga ini sangat kurang dalam pemenuhan kebutuhan spiritual. Oleh karena itu, tim bermaksud untuk mengajak keluarga ini kembali menjalankan perintah-Nya dengan melaksanakan ibadah shalat lima waktu dan mengajarkan cara membaca al-Qur’an kepada para cucu dan cicit beliau.

Dari perumusan masalah yang telah ada sebelumnya, tim memprioritaskan Masalah Ekonomi dan Masalah Spiritual yang diutamakan untuk dibantu. Karena untuk masalah lainnya, tim merasa bahwa keluarga tersebut masih dapat bertahan dengan keadaan yang ada.

-----------------------------------------------------------------------------------------

BAB II
TUJUAN & MANFAAT

                A.    TUJUAN
1.      Menjalin Silaturahim, serta mempererat persaudaraan.
2.      Bersosialisasi dengan para kaum dhuafa di Perumahan Liar Kebun Sayur, Ciracas.
3.      Memelihara dan memperkuat aqidah Islam.
4.      Membantu terhadap sesama kaum muslimin.
5.      Membangun budaya saling tolong menolong antar manusia
6.      Melahirkan jiwa kemanusiaan yang baik

              B.     MANFAAT

Menanamkan rasa kepedulian terhadap sesama karena pada hakikatnya manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan dan agar terbentuk kepribadian yang menjalankan amr ma’ruf nahi munkar sesuai yang diajarkan oleh Islam. Selain memiliki manfaat terhadap orang yang diberikan bantuan juga memiliki manfaat yang sangat besar bagi para Donatur yang telah memberikan sedikit hartanya, karena bagi yang mengeluarkan hartanya di jalan Allah tidak akan pernah habis, akan tetapi bertambah dan akan dicatat dengan tinta emas dalam buku amal kebaikan sebagai bekal kelak nantinya.
Selain itu juga dapat membudayakan akhlaq yang mulia dan perilaku yang shalih sebagai manusia.

-----------------------------------------------------------------------------

BAB III
PELAKSANAAN KEGIATAN

A.    KHALAYAK SASARAN
Sasaran yang tim ingin berdayakan ialah sesuai dengan indikator serta perumusan masalah yang sebelumnya telah dirancang oleh tim, yaitu :
·            Letak rumah yang berada dipemukiman liar.
·            Rumah yang beralaskan tanah.
·            Atap dari jerami dan dinding yang terbuat dari triplek.
·            Penghasilan perhari yang tidak menentu ±Rp. 30.000,-
·            MCK yang tidak sesuai dengan kriteria standar.
·            Mengurus cucu/cicit yang ditinggal oleh anak-anaknya.

        Sehingga dengan melihat memperhatikan indikator diatas, tim menetapkan bahwa Keluarga Bpk. Anang lah yang menjadi target Kaum Dhuafa yang harus diberdayakan.

B.     BENTUK KEGIATAN DAKWAH LAPANGAN
        Kegiatan yang tim lakukan ialah membantu keluarga Bpk. Anang dalam kebutuhan sandang, beberapa piece pakaian dan juga ransel untuk cucunya sekolah. Sehingga, tim memberikan keperluan sebagai berikut :


        Dengan perlengkapan yang sudah tim sediakan diatas, diharapkan dapat membantu kecukupan keluarga Bpk. Anang dihari-hari berikutnya.

C.    HASIL KEGIATAN DAKWAH LAPANGAN
              Sesudah tim berikan bantuan, yaitu berupa keperluan pangan (sembako) kepada keluarga Bpk. Anang, maka tim berharap agar hari-hari kedepan dapat dipenuhinya kebutuhan sehari-hari keluarga tersebut.


              Tim juga berharap dikemudian hari cucunya lebih mudah membawa perlengkapan alat tulis dan buku-buku pelajaran ke sekolah, dari ransel sekolah yang tim berikan kepadanya.
              Tim juga memberikan pakaian kepada dua cucu dan satu cicit masing-masing dua stel, agar lebih tampak terawat dan khusus untuk cucu perempuan kami memberikan sweater. Agar saat musim hujan sekarang ini, dia tidak kedinginan. Karena dari cucu/cicitnya, hanya dia yang mudah jatuh sakit.
 ---------------------------------------------------------------------------------------------
BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN - SARAN

A.    KESIMPULAN

Demikianlah laporan akhir kegiatan ini kami buat. Tim telah berusaha semaksimal mungkin untuk memberdayakan keluarga ini, sekaligus menjalankan perintah-Nya sesuai dengan surah Al-Maun serta amanat dari para donatur yang telah memberikan kepercayaan kepada kami.
Tim dalam pelaksanaannya memberikan bantuan kepada keluarga Bpk. Anang menggunakan dana yang terkumpul dari para donatur sebesar Rp. 1.670.000,- yang digunakan untuk membeli sembako, pakaian, dan ransel sekolah, serta kebutuhan administrasi dan transportasi untuk pelaksanaan kegiatan ini seperti pembuatan proposal dan laporan akhir, serta bahan bakar untuk kendaraan bermotor tim untuk menuju lokasi.*terlampir.
Kami selaku tim pelaksana menyampaikan permohonan maaf bila terdapat kesalahan dan kekhilafan, semoga Allah swt senantiasa memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua serta meridhoi langkah dan upaya kita semua.


B.     SARAN – SARAN
        Semoga kegiatan ini mendapat perhatian dan dukungan dari semua pihak agar kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan karena mampu memberikan manfaat bagi kita semua, bila semua orang yang mampu tergerak hatinya melakukan kegiatan seperti ini. Bukan main hasilnya dikemudian kelak, mungkin Indonesia akan lebih sejahtera dibanding hari-hari sebelum adanya kegiatan ini.
        Untuk Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka ( UHAMKA ) sendiri, semoga ”Pemberdayaan Masyarakat” ini menjadi sebuah program yang telah dirancang dalam proker tahunan Universitas dan terus dikembangkan. Karena manfaat yang dirasa sangat luar biasa.

----------------------------------------------------------------------------------------------
BAB V
LAMPIRAN – LAMPIRAN

Rekapitulasi List Donatur

NO.
TANGGAL
NAMA
JUMLAH*
KETERANGAN
1
07 – 01 – 2014
Hamba Allah
50.000,-
Cash
2
09 – 01 – 2014
Hamba Allah
50.000,-
Cash
3
09 – 01 – 2014
Mas Een
200.000,-
Cash
4
09 – 01 – 2014
Hamba Allah
50.000.-
Cash
5
09 – 01 – 2014
Hamba Allah
20.000.-
Cash
6
11 – 01 – 2014
Ibu Rudi
50.000.-
Cash
7
11 – 01 – 2014
Ibu Teguh
25.000.-
Cash
8
11 – 01 – 2014
Mbak Eka
50.000.-
Cash
9
11 – 01 – 2014
Hamba Allah
30.000.-
Cash
10
11 – 01 – 2014
Hamba Allah
30.000.-
Cash
11
15 – 01 – 2014
Hamba Allah
315.000.-
Cash
12
15 – 01 – 2014
Hamba Allah
50.000.-
Cash
13
15 – 01 – 2014
H. Simin
100.000.-
Cash
14
15 – 01 – 2014
Hakim
50.000.-
Cash
15
15 – 01 – 2014
Hamba Allah
50.000.-
Cash
16
15 – 01 – 2014
Hamba Allah
50.000.-
Cash

1.170.000.-


Rekening
1
09 – 01 – 2014
Syafira Dinna Z.
500.000,-
via Rek.
Total Saldo
1.670.000.-


NB : *IDR ( Indonesian Rupiah )


DAFTAR RINCIAN PENGELUARAN

CARREFOUR TAMINI SQUARE

NO
KETERANGAN
SATUAN FREKUENSI
HARGA SATUAN
JUMLAH
1
Kapal Api MNTPGL750
( Kopi )
2 pacs.
@23.550,-
Rp.       47.100,-
2
Kunci Mas (Minyak Goreng)
Discount @2.700,-
2 L x 2 pacs.
@25.200,-
Rp.       45.000,-
3
Kunci Mas (Minyak Goreng)
Discount @1.100,-
1 L x 1 pacs.
@13.700,-
Rp.       12.600.-
4
CFD Gula
6 kg
@12.900,-
Rp.       77.400,-
5
DLMNT EXT HT P ( Saus )
1 kg
@16.000.-
Rp.       16.000.-
6
Bango Kecap RF/MNS
1 pacs.
@16.550.-
Rp.       16.550.-
7
Sosro Teh Celup
5 pacs
@3.772.-
Rp.       18.860.-
8
Pronas Sarden TMT425
2 kaleng.
@13.550.-
Rp.       27.100.-
9
Enaak SKM Putih ( Susu )
2 kaleng.
@7.550.-
Rp.       15.100.-
10
Enaak SKM Coklat ( Susu )
2 kaleng.
@7.650.-
Rp.       15.300.-
11
Biskuit Roma Kelapa
388 gram.
@8.600.-
Rp.         8.600.-
12
CFD Setramos ( Beras )
5 kg.
@47.900.-
Rp.       49.700.-
13
S/M Ayam Bawang
( Mie Instant )
1 box.
@61.380.-
Rp.       61.380.-
TOTAL
Rp.     408.890,-
Pembulatan
Rp.               40,-
BALANCE DUE
Rp.     408.850,-
Pembulatan ke Saldo
Rp.     410.000.-


PT. RAMAYANA LESTARI SENTOSA, Tbk.

NO
KETERANGAN
SATUAN FREKUENSI
HARGA SATUAN
JUMLAH
1
O/ Baseball
Disc. 50%
1 Stel
@55.900.-
Rp.       55.900.-
2
O/ Angry B
Disc. 50%
@59.900.-
Rp.       55.900.-
3
Singlet BDR
@39.900.-
Rp.       39.900.-
4
O/ Bludru
@49.900.-
Rp.       49.900.-
5
O/ Bludru
@49.900.-
Rp.       49.900.-
6
Jaket SPM
@50.000.-
Rp.       50.000.-
Total Harga
Rp.     305.500.-
Discount
Rp.       57.900.-
TOTAL
Rp.     247.600.-
Pembulatan ke Saldo
Rp.     250.000,-

PENGELUARAN LAIN NON- BUKTI TRANSAKSI

NO
KETERANGAN
SATUAN FREKUENSI
HARGA SATUAN
JUMLAH
1
Transportasi ( Premium )
+ Akomodasi Rp. 3.000,-
2 L x 3 Motor x 3x PP
@6.500.-
Rp. 120.000.-
2
Administrasi
-    Proposal
-    Laporan Akhir
-
-
Rp. 100.000.-
3
Ransel Sekolah
2 piece.
@100.000.-
Rp. 200.000,-
4
Parkir Tamini Square
3 motor x 2 jam
@2.000.-
Rp.   12.000.-
5
Pembantu Tim Pelaksana di Lokasi
-
-
Rp. 100.000,-
TOTAL
Rp. 532.000.-

NO
TOTAL PENGELUARAN
1
CARREFOUR TAMINI SQUARE
Rp. 410.000,-
2
PT. RAMAYANA LESTARI SENTOSA, Tbk.
Rp. 250.000.-
3
PENGELUARAN LAIN NON- BUKTI TRANSAKSI
Rp. 532.000.-
JUMLAH
Rp. 1.192.000.-


RINCIAN PENDANAAN

NO
KETERANGAN
DEBET
KREDIT
JUMLAH*
1
Saldo
1.670.000.-
-
1.670.000.-
2
Total Pengeluaran
-
1.192.000.-
478.000.-
SALDO
Rp. 478.000,-

            Karena saldo masih tersisa sebesar Rp. 478.000,-, dan tim kami merasa telah cukup. Maka, kami berinisiatif untuk memberikan dana para donatur kami yang tersisa kepada tim pemberdayaan kaum dhuafa lainnya dan juga akan kami sumbangkan kepada posko darurat korban banjir yang telah melanda DKI Jakarta akhir-akhir ini. Dengan rincian sebagai berikut :

NO
KETERANGAN
DEBET
KREDIT
JUMLAH
1
Saldo
478.000
-
478.000.-
2
Kelompok Lia Rhomadona*
-
100.000,-
378.000,-
3
Kelompok Muh. Firdaus*
-
100.000,-
278.000,-

Posko Banjir DKI Jakarta**
-
278.000,-
0,-
Saldo
Rp. 0.-

NB :    * Bukti berupa kwitansi dari kelompok tersebut.
            ** Bukti berupa foto / gambar dari lokasi, saat pemberian.


** Foto 







3 komentar:

  1. Ini kalo boleh tau laporan nya menurut buku kemuhammadiyahan ga ya?

    BalasHapus
  2. Iyaa kk ini menurut buku kemuhammadiyahannya ga?

    BalasHapus
  3. ini udah menurut buku kemuhammdiayahan blm ya ?



    BalasHapus